PROGRAM
TAHUNAN
MATEMATIKA
Satuan Pendidikan : SMA Negeri 1 Pejagoan
Mata Pelajaran : Matematika Wajib
Kelas : X
Tahun Pelajaran : 2013/2014
Kompetensi Inti :
KI 1 :
Menghayati dan Mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :
Mengayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli
(gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif
dan menunjukkan sikap sebagai bagian dan solusi atas bverbagai permasalahan
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 :
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradeaban terkait penyebab fenomena dan kejadian serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 :
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
Sem
|
Kompetensi
Dasar
|
Alokasi Waktu
|
Ket
|
I
II
|
2.1
Memiliki motivasi internal, kemampuan bekerjasama,
konsisten, sikap disiplin, rasa percaya diri, dan sikap toleransi dalam
perbedaan strategi berpikir dalam memilih dan menerapkan strategi
menyelesaikan masalah
2.2
Mampu mentransdormasi diri dalam berperilaku
jujur, tangguh mengahadapi masalah, kritis dan disiplin dalam melakukan tugas
belajar matematika
2.3
Menunjukkan sikap bertanggungjawab, rasa ingin
tahu, jujur, dan perilaku peduli lingkungan
3.1
Memilih dan menerapkan aturan eksponen dan
logaritma sesuai dengan karakteristik permasalahan yang akan diselesaikan dan
memeriksa kebenaran langkah-langkahnya
4.1
Menyajikan maslah nyata menggunakan operasi
aljaabar berupa eksponen dan logaritma serta menyelesaikannya menggunakan
sifat-sifat dan aturan yang telah terbukti kebenarannya
3.2
Mendeskripsikan dan menganalisis konsep nilai
mutlak dalam persamaan dan pertidaksamaan serta menerapkannya dalam pemecahan
masalah nyata\
4.2
Menerapkan konsep nilai mutlak dalam persamaan dan
pertidaksamaan linear dalam memecahkan masalah nyata
4.3
Membuat model matematika berupa persamaan dan
pertidaksamaan linear dua variabel yang melibatkan nilai mutlak dari situasi
nyata dan matematika, serta menentukan jawab dan menganalisis model sekaligus
jawabnya
3.3
Mendeskripsikan konsep sistem persamaan linear dua
dan tiga variabel serta pertidaksamaan linear dua variabel dan mampu
nenerapkan berbagai srategi yang efektif dalam menenrukan himpunan
penyelesaiannya serta memeriksa kebenaran jawabannya dalam pemecahan masalah
matematika
4.4
Menggunakan SPLDV, SPLTV dan sistem pertidaksamaan
linear dua variabel (SPtLDV) untuk menyajikan masalah kontekstual dan
menjelaskan makna tiap besaran secara lisan maupun tulisan
4.5
Membuat model matematika berupa SPLDV, SPLTV,
SPtLDV dan situasi nyata dan matematika, serta menentukan jawab dan
menganalisis model serta jawabnya
3.4
Mendeskripsikan konsep matriks sebagai
representasi numeric dalam kaitannya dengan konteks nyata
3.5
Mendeskripsikan operasi sederhana matriks serta
menerapkannya dalam pemecahan masalah
4.6
Menyajikan model matematika dari suatu masalah
nyata yang berkaitan dengan matriks
3.6
Mendeskripsikan daerah asal, daerah kawan, dan
daerah hasil suatu relasi antara dua himpunan yang disajikan dalam berbagai
bentuk (grafik, himpunan pasangan terurut, atau ekspresi simbolik)
3.7
Mengidentifikasi relasi yang disajikan dalam
berbagai bentuk yang merupakan fungsi
4.7 Menerapkan
daerah asal, dan daerah hasil fungsi dalam menyelesaikan masalah
3.8
Memprediksi pola barisan dan deret aritmatika dan
geometri atau barisan lainnya melalui pengamatan dan memberikan alasannya
4.8
Menyajikan hasil, menemukan pola barisan dn deret
dan penerapannya dalam penyelesaian masalah sederhana
3.9
Mendeskripsikan berbagai bentuk ekspresi yang
dapat diubah menjadi persamaan kuadrat
3.10Mendeskripsikan
persamaan dan fungsi kuadrat memilih strategi dan menerapkan untuk
mnyelesaikan persamaan dan fungsi kuadrat serta memeriksa kebenaran
jawabannya
3.11Menganalisis
fungsi dan persamaan kuadrat dalam berbagai bentuk penyajian masalah
kontekstual
3.12Menganalisis
grafik fungsi dari data terkait masalah nyata dan menentukan model matematika
berupa fungsi kuadrat
4.9
Mngidentifikasi dan menerapkan konsep fungsi dan
persamaan kuadrat dalam menyelesaikan masalah nyata dan menjelaskannya secara
lisan dan tulisan
4.10Meyusun model
matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan fungsi kuadrat
dan menyelesaikan serta memeriksa kebenaran jawabannya
4.11Menggambar dan
membuat sketsa grafik fungsi kuadrat dari masalah nyata berdasarkan data yang
ditentukan dan menafsirkan karakteristiknya
4.12Mengidentifikasi
hubungan fungsional kuadratik dari fenomena sehari-hari dan menafsirkan makna
dari setiap variabel yang digunakan
3.13Memahami
konsep jarak dan sudut antara titik, garis, dan bidang melalui demonstrasi
menggunakan alat peraga atau media lainnya
4.13Menggunakan
berbagai prinsip bangun datar dan ruang serta dalam menyelesaikan masalah
nyata berkaitan dengan jarak dan sudut antara titik, garis, dan bidang
3.15Memahami
konsep perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku melalui penyelidikan
dan diskusi tentang hubungan perbandingan sisi-sisi yang bersesuaian dalam
beberapa sigitiga siku-siku sebangun
3.16Menemukan
sifat-sifat dan hubungan antar perbandingan trigonometri dalam segitiga
siku-siku
3.17Memahami dan
menentukan hubbungan perbandingan trigonometri dan sudut di setiap kuadran,
memilih dan menerapkan dalam penyelesaian masalah nyata dan matematika
3.18Memahami
konsep fungsi trogonometri dan menganalisis grafik fungsinya serta menentukan
hubungan nilai fungsi trigonometri dari sudut-sidut istimewa
4.14Menerapkan
perbandingan trigonometri dalam menyelesaikan masalah
4.15Menyajikan
grafik fungsi trigonometri
3.18Memahami
konsep limit fungsi aljabar dengan menggunakan konteks nyata dan
menerapkannya
3.19Merumuskan
aturan dan sifat limit fungsi aljabar melalui pengamatan contoh-contoh
4.16Memilih
strategi yang efektif dan menyajikan model matematika dalam memecahkan
masalah nyata tentang limit fungsi aljabar
3.20Mendeskripsikan
berbagai penyajian data dalam bentuk tabel atau diagram/plot yang sesuai
untuk mengomunikasikan informasi dari suatu kumpulan data melalui analisis
perbandingan berbagai variabel penyajian data
3.21Mendeskripsekan
data dalam bentuk tabel atau diagram/plot tertentu yang sesuai dengan
informasi yang ingin dikomunikasikan
4.17Menyajikan
data nyata dalam bentuk tabel atau diagram/plot tertentu yang sesuai dengan
informasi yang ingin dikomunikasikan
3.22Mendeskripsikan
konsep peluang suatu kejadian menggunakan berbagai objek nyata dalam suatu
percobaan menggunakan frekuensi relatif
4.18Menyajikan
hasil penerapan konsep peluang untuk menjelaskan berbagai objek nyata melalui
percobaan menggunakan frekuensi relatif
|
3x4 jam pelajaran
3x4 jam pelajaran
3x4 jam pelajaran
2x4 jam pelajaran
2x4 jam pelajaran
2x4 jam pelajaran
3x4 jam pelajaran
2x4 jam pelajaran
4x4 jam pelajaran
2,5x4 jam pelajaran
2x4 jam pelajaran
|
|
Pejagoan, Juli 2013
Guru
Mata Pelajaran,
Drs. Suhada
NIP. 19570130 197803 1 002
|
Mahasiswa
Praktikan,
Irna Nofita P.
NIM.
092143478
|
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 1 Pejagoan,
H. Agus
Sunaryo, S.Pd, M.Pd
NIP.19691208
200003 1 006
|
|
|
Casino Resort and Spa - Mapyro
BalasHapusWelcome to Mapyro, your casino 보령 출장안마 and hotel information hub. We're your casino and resort guide for everything casino in New Mexico!What 경상북도 출장안마 kind of casino is available in 구미 출장마사지 New Mexico?Can I play at a casino 전주 출장안마 and get a $50 welcome 여주 출장안마 bonus?