RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMA Negeri 1 Pejagoan
Mata Pelajaran :
Matematika-Wajib
Kelas/ Semester :
X/1
Materi Pokok : Barisan dan Deret
Alokasi Waktu :
4 x 45 menit
A. Kompetensi Inti
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotongrotong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dan solusi atas berbagai pemasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami.
Menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan, prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah
keilmuan.
B. Kompetensi Dasar:
2.1 Memiliki motivasi internal,
kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya diri, dan
sikap toleransi dalam perbedaan strategi
berpikir dalam memilih
dan menerapkan strategi
menyelesaikan
masalah.an
3.8 Memprediksi pola barisan dan deret aitmatika dan geometri atau
barisan lainnya melalui pengamatan dan memberikan alasannya.
4.8 Menyajikan hasil menemukan pola barisan dan deret dan
penerapannya.dalam penyelesaian masalah sederhana.
C. Indikator
1.
Terlibat aktif dalam pembelajaran relasi
dan fungsi.
2
.Bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
3.
Toleran terhadap proses pemecahan
masalah yang berbeda dan kreatif.
4.
Memprediksi pola barisan aritmatika
5.
Menyajikan hasil menemukan pola barisan
aritmatika
D.
Tujuan
Pembelajaran:
Dengan pendekatan scientific melalui model pembelajaran Problem Based Learning, siswa dapat :
1.
Terlibat aktif dalam pembelajaran
barisan dan deret bilangan
2.
Bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
3.
Toleran terhadap proses pemecahan
masalah yang berbeda dan kreatif.
4.
Memprediksi pola barisan aritmatika
5.
Menyajikan hasil menemukan pola barisan
aritmatika
E. Materi Pembelajaran:
BARISAN DAN DERET
1. Menemukan
Pola Barisan dan Deret
2. Menemukan
Konsep Barisan dan Deret Aritmatika
F. Model dan Metode Pembelajaran:
Pendekatan Pembelajaran :
Pendekatan Saintifik (Scientific) :
Model Pembelajaran :
Problem-Based
Learning (PBL)
Metode
Pembelajaran : Expositori, Penemuan Terbimbing, Pemecahan Masalah, Tanya
Jawab dan Tugas
G. Media / alat Pembelajaran:
1.
Laptop
2.
LCD proyektor
H. Sumber Belajar:
1.
Buku matematika pegangan siswa kl X,
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 2013.
2.
LKS
I. Langkah-Langkah Pembelajaran:
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru memberikan gambaran tentang
pentingnya memahami barisan dan deret aritmatika.
2.
Sebagai apersepsi untuk mendorong
rasa ingin tahu dan berpikir kritis, siswa diajak memecahkan masalah yang
berkaitan dengan barisan dan deret aritmatika dalam kehidupan sehari,
3.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai yaitu memprediksi, menyajikan dan menemukan
pola barisan aritmatika.
4.
Guru memberikan beberapa soal tentang
fungsi dengan domain bilangan asli yang merupakan prasyarat untuk mempelajari
barisan aritmatika.
|
15
menit
|
Inti
|
1.
Fase 1: Orientasi siswa pada masalah:
(a)
Guru mengajukan masalah 1 yang tertera pada Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dengan bantuan IT (power point).
(b)
Guru meminta siswa mengamati (membaca) dan memahami masalah secara
individu dan mengajukan hal-hal yang belum dipahami terkait masalah yang
disajikan.
(c)
Jika ada siswa yang mengalami masalah, guru mempersilahkan siswa lain
untuk memberikan tanggapan. Bila diperlukan, guru memberikan bantuan secara
klasikal melalui pemberian scaffolding.
(d) Guru meminta siswa menuliskan informasi yang
terdapat dari masalah tersebut secara teliti dengan menggunakan bahasa
sendiri.
2.
Fase 2: Mengorganisasikan siswa belajar
(a)
Guru meminta siswa membentuk kelompok heterogen (dari sisi kemampuan,
gender, budaya, maupun agama) sesuai pembagian kelompok yang telah direncanakan oleh guru.
(b)
Guru membagikan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) yang berisikan masalah dan langkah-langkah pemecahan
serta meminta siswa berkolaborasi untuk menyelesaikan masalah.
(c)
Guru berkeliling mencermati siswa bekerja, mencermati dan menemukan
berbagai kesulitan yang dialami siswa, serta memberikan kesempatan kepada
siswa untuk bertanya hal-hal yang belum dipahami.
(d)
Guru memberi bantuan (scaffolding) berkaitan kesulitan yang
dialami siswa secara individu, kelompok, atau klasikal.
(e)
Meminta siswa bekerja sama untuk menghimpun berbagai konsep dan aturan
matematika yang sudah dipelajari serta memikirkan secara cermat strategi
pemecahan yang berguna untuk pemecahan masalah.
(f)
Mendorong siswa agar bekerja sama dalam kelompok.
3. Fase 3
:Membimbing
penyelidikan individu dan kelompok.
(a)
Meminta siswa melihat hubungan-hubungan berdasarkan informasi/data
terkait membangun
(b)
Guru meminta siswa melakukan eksperimen dengan media yang disediakan untuk menyelesaikan masalah
yang ada dalam lembar kegiatan siswa..
(c)
Guru meminta siswa mendiskusikan cara yang digunakan untuk menemukan
semua kemungkinan dari masalah yang ada dalam lembar kegiatan
siswa. Bila siswa
belum mampu menjawabnya, guru memberi scaffolding dengan mengingatkan
siswa mengenai cara mereka menentukan penyelesaiannya.
4.
Fase 4: Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
(a)
Guru meminta siswa menyiapkan laporan hasil diskusi kelompok secara
rapi, rinci, dan sistematis.
(b)
Guru berkeliling mencermati siswa bekerja menyusun laporan hasil
diskusi, dan memberi bantuan, bila diperlukan.
(c)
Guru meminta siswa menentukan perwakilan kelompok secara musyawarah
untuk menyajikan (mempresentasikan) laporan di depan kelas.
5.
Fase 5: Menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah.
(a)
Guru meminta semua kelompok bermusyawarah untuk menentukan satu
kelompok yang mempresentasikan (mengkomunikasikan) hasil diskusinya di depan kelas
secara runtun, sistematis, santun, dan hemat waktu.
(b)
Guru memberi kesempatan kepada siswa dari kelompok penyaji untuk
memberikan penjelasan tambahan dengan baik.
(c)
Guru memberi kesempatan kepada siswa dari kelompok lain untuk
memberikan tanggapan terhadap hasil diskusi kelompok penyaji dengan sopan.
(d)
Guru melibatkan siswa mengevaluasi jawaban kelompok penyaji serta
masukan dari siswa yang lain dan membuat kesepakatan, bila jawaban yang
disampaikan siswa sudah benar.
(e)
Guru memberi kesempatan kepada kelompok lain yang mempunyai jawaban
berbeda dari kelompok penyaji pertama untuk mengkomunikasikan hasil diskusi
kelompoknya secara runtun, sistematis,
santun, dan hemat waktu. Apabila ada lebih dari satu kelompok, maka guru
meminta siswa bermusyawarah menentukan urutan penyajian.
(f)
Guru mengumpulkan semua hasuil
diskusi tiap kelompok.
(g)
Dengan tanya jawab, guru
mengarahkan semua siswa pada kesimpulan mengenai permasalahan tersebut.
|
150 menit
|
Penutup
|
1.
Siswa diminta menyimpulkan tentang bagaimana
langkah-langkah untuk menentukan rumus umum suku ke-n dari barisan
aritmatika.
2.
Dengan bantuan presentasi komputer, guru menayangkan apa yang telah
dipelajari dan disimpulkan mengenai langkah- untuk
langkah menentukan rumus
umu.m suku ke-n dari barisan aritmatika.
3.
Guru memberikan tugas PR beberapa soal mengenai barisan
aritmatika.
4.
Guru mengakhiri kegiatan belajar
dengan memberikan pesan untuk tetap belajar.
|
15
enit
|
J. Penilaian Hasil Pembelajaran:
1.
Teknik
Penilaian: pengamatan, tes tertulis
2.
Prosedur
Penilaian:
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1.
|
Sikap
a. Terlibat
aktif dalam pembelajaran trigonometri.
b. Bekerjasama
dalam kegiatan kelompok.
c. Toleran
terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
|
Pengamatan
|
Selama pembelajaran dan saat diskusi
|
2.
|
Pengetahuan
a. Memprediksi
pola barisan aritmatika
b. Menyejikan
hasil menemukan pola barisan aritmatika.
c.
|
Pengamatan
dan tes
|
Penyelesaian
tugas individu dan kelompok
|
3.
|
Keterampilan
a. Terampil
menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan dengan
barisan
|
Pengamatan
|
Penyelesaian tugas (baik individu
maupun kelompok) dan saat diskusi
|
K. Instrumen Penilaian
Tes Tertulis
1. Tentukan suku
ke-15 dari tiap barisan aritmetika berikut:
(a). 2, 8, 14, 20,
∙ ∙ ∙
(b). -6, -3, 0, 3, ∙ ∙ ∙
(c). 18, 15½, 13, 10½, ∙ ∙ ∙
(d). 2½, 3, 3½, 4, ∙ ∙ ∙
2. Tentukan
pola dari barisan berikut !
LEMBAR
KEGIATAN SISWA (LKS )
Petunjuk
:
Diskusikan dengan teman dalam kelompokmu
!
Memprediksi Pola Barisan
Masalah
1
Beberapa batu bata disusun sehingga
setiap kelompok tersusun sepeti gambar di bawah ini
Buatlah prediksi dua susunan bata
berikutnya !
Penyelesaian :
Kump bata ke-
|
Jumlah bata
|
Pola
|
1
|
.....
|
......
|
2
|
.....
|
......
|
3
|
......
|
......
|
4
|
.......
|
.......
|
|
|
|
N
|
.......
|
...
|
Masalah
2
Dari gambar di bawah , tentukan pola
suku ke – n !
Bagaimana selisih antara jumlah segitiga
dengan segitiga sebelumnya?
Penyelesaian :
Kump. segitiga
ke-
|
Jumlah
segitiga
|
Pola
|
1
|
.....
|
......
|
2
|
.....
|
......
|
3
|
......
|
......
|
4
|
.......
|
.......
|
|
|
|
N
|
.......
|
...
|
Masalah
3
Pak Ali adalah seorang pemilik konveksi.
Konveksi tersebut dapat membuat 10 baju pada bulan pertama. Permintaan baju
semakin bertambah sehingga konveksinya
harus menyelesaikan 15 baju pada
bulan kedua, dan 20 baju pada bulan ke tiga.Dia menduga jumlah baju yang harus
diselesaikan untuk bulan berikutnya akan 5 lebih banyak dari bulan sebelumnya.
Dengan pola tersebut, pada bulan ke berapa konveksi pak Ali dapat menyelesaikan
100 buah baju?
Pejagoan, Juli 201
3
Mengetahui,
Kepala Sekolah
H.
Agus Sunaryo, S.Pd, M.Pd
NIP. 19691208 200003 1 006
|
Guru Mata Pelajaran
Drs.
Suhada
NIP. 19570130 197803 1 002
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar