Minggu, 24 November 2013

Program Tahunan


PROGRAM TAHUNAN
MATEMATIKA

Satuan Pendidikan      : SMA Negeri 1 Pejagoan
Mata Pelajaran            : Matematika Wajib
Kelas                           : X
Tahun Pelajaran           : 2013/2014

Kompetensi Inti :
KI 1    : Menghayati dan Mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2    : Mengayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dan solusi atas bverbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3    : Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradeaban terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4    : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

Sem
Kompetensi Dasar
Alokasi Waktu
Ket
I



































































 




































II
2.1    Memiliki motivasi internal, kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa percaya diri, dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi berpikir dalam memilih dan menerapkan strategi menyelesaikan masalah
2.2    Mampu mentransdormasi diri dalam berperilaku jujur, tangguh mengahadapi masalah, kritis dan disiplin dalam melakukan tugas belajar matematika
2.3    Menunjukkan sikap bertanggungjawab, rasa ingin tahu, jujur, dan perilaku peduli lingkungan


3.1    Memilih dan menerapkan aturan eksponen dan logaritma sesuai dengan karakteristik permasalahan yang akan diselesaikan dan memeriksa kebenaran langkah-langkahnya
4.1    Menyajikan maslah nyata menggunakan operasi aljaabar berupa eksponen dan logaritma serta menyelesaikannya menggunakan sifat-sifat dan aturan yang telah terbukti kebenarannya


3.2        Mendeskripsikan dan menganalisis konsep nilai mutlak dalam persamaan dan pertidaksamaan serta menerapkannya dalam pemecahan masalah nyata\
4.2     Menerapkan konsep nilai mutlak dalam persamaan dan pertidaksamaan linear dalam memecahkan masalah nyata
4.3     Membuat model matematika berupa persamaan dan pertidaksamaan linear dua variabel yang melibatkan nilai mutlak dari situasi nyata dan matematika, serta menentukan jawab dan menganalisis model sekaligus jawabnya


3.3    Mendeskripsikan konsep sistem persamaan linear dua dan tiga variabel serta pertidaksamaan linear dua variabel dan mampu nenerapkan berbagai srategi yang efektif dalam menenrukan himpunan penyelesaiannya serta memeriksa kebenaran jawabannya dalam pemecahan masalah matematika
4.4    Menggunakan SPLDV, SPLTV dan sistem pertidaksamaan linear dua variabel (SPtLDV) untuk menyajikan masalah kontekstual dan menjelaskan makna tiap besaran secara lisan maupun tulisan
4.5    Membuat model matematika berupa SPLDV, SPLTV, SPtLDV dan situasi nyata dan matematika, serta menentukan jawab dan menganalisis model serta jawabnya


3.4    Mendeskripsikan konsep matriks sebagai representasi numeric dalam kaitannya dengan konteks nyata
3.5    Mendeskripsikan operasi sederhana matriks serta menerapkannya dalam pemecahan masalah
4.6    Menyajikan model matematika dari suatu masalah nyata yang berkaitan dengan matriks


3.6    Mendeskripsikan daerah asal, daerah kawan, dan daerah hasil suatu relasi antara dua himpunan yang disajikan dalam berbagai bentuk (grafik, himpunan pasangan terurut, atau ekspresi simbolik)
3.7    Mengidentifikasi relasi yang disajikan dalam berbagai bentuk  yang merupakan fungsi
4.7      Menerapkan daerah asal, dan daerah hasil fungsi dalam menyelesaikan masalah

3.8    Memprediksi pola barisan dan deret aritmatika dan geometri atau barisan lainnya melalui pengamatan dan memberikan alasannya
4.8    Menyajikan hasil, menemukan pola barisan dn deret dan penerapannya dalam penyelesaian masalah sederhana


3.9    Mendeskripsikan berbagai bentuk ekspresi yang dapat diubah menjadi persamaan kuadrat
3.10Mendeskripsikan persamaan dan fungsi kuadrat memilih strategi dan menerapkan untuk mnyelesaikan persamaan dan fungsi kuadrat serta memeriksa kebenaran jawabannya
3.11Menganalisis fungsi dan persamaan kuadrat dalam berbagai bentuk penyajian masalah kontekstual
3.12Menganalisis grafik fungsi dari data terkait masalah nyata dan menentukan model matematika berupa fungsi kuadrat
4.9    Mngidentifikasi dan menerapkan konsep fungsi dan persamaan kuadrat dalam menyelesaikan masalah nyata dan menjelaskannya secara lisan dan tulisan
4.10Meyusun model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan fungsi kuadrat dan menyelesaikan serta memeriksa kebenaran jawabannya
4.11Menggambar dan membuat sketsa grafik fungsi kuadrat dari masalah nyata berdasarkan data yang ditentukan dan menafsirkan karakteristiknya
4.12Mengidentifikasi hubungan fungsional kuadratik dari fenomena sehari-hari dan menafsirkan makna dari setiap variabel yang digunakan


3.13Memahami konsep jarak dan sudut antara titik, garis, dan bidang melalui demonstrasi menggunakan alat peraga atau media lainnya
4.13Menggunakan berbagai prinsip bangun datar dan ruang serta dalam menyelesaikan masalah nyata berkaitan dengan jarak dan sudut antara titik, garis, dan bidang


3.15Memahami konsep perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku melalui penyelidikan dan diskusi tentang hubungan perbandingan sisi-sisi yang bersesuaian dalam beberapa sigitiga siku-siku sebangun
3.16Menemukan sifat-sifat dan hubungan antar perbandingan trigonometri dalam segitiga siku-siku
3.17Memahami dan menentukan hubbungan perbandingan trigonometri dan sudut di setiap kuadran, memilih dan menerapkan dalam penyelesaian masalah nyata dan matematika
3.18Memahami konsep fungsi trogonometri dan menganalisis grafik fungsinya serta menentukan hubungan nilai fungsi trigonometri dari sudut-sidut istimewa
4.14Menerapkan perbandingan trigonometri dalam menyelesaikan masalah
4.15Menyajikan grafik fungsi trigonometri


3.18Memahami konsep limit fungsi aljabar dengan menggunakan konteks nyata dan menerapkannya
3.19Merumuskan aturan dan sifat limit fungsi aljabar melalui pengamatan contoh-contoh
4.16Memilih strategi yang efektif dan menyajikan model matematika dalam memecahkan masalah nyata tentang limit fungsi aljabar


3.20Mendeskripsikan berbagai penyajian data dalam bentuk tabel atau diagram/plot yang sesuai untuk mengomunikasikan informasi dari suatu kumpulan data melalui analisis perbandingan berbagai variabel penyajian data
3.21Mendeskripsekan data dalam bentuk tabel atau diagram/plot tertentu yang sesuai dengan informasi yang ingin dikomunikasikan
4.17Menyajikan data nyata dalam bentuk tabel atau diagram/plot tertentu yang sesuai dengan informasi yang ingin dikomunikasikan


3.22Mendeskripsikan konsep peluang suatu kejadian menggunakan berbagai objek nyata dalam suatu percobaan menggunakan frekuensi relatif
4.18Menyajikan hasil penerapan konsep peluang untuk menjelaskan berbagai objek nyata melalui percobaan menggunakan frekuensi relatif













3x4 jam pelajaran







3x4 jam pelajaran











3x4 jam pelajaran















2x4 jam pelajaran







2x4 jam pelajaran








2x4 jam pelajaran





3x4 jam pelajaran

























2x4 jam pelajaran


















4x4 jam pelajaran






2,5x4 jam pelajaran










2x4 jam pelajaran









      Pejagoan,      Juli 2013
Guru Mata Pelajaran,




Drs. Suhada
NIP. 19570130 197803 1 002

Mahasiswa Praktikan,




Irna Nofita P.
NIM. 092143478


Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 1 Pejagoan,



H. Agus Sunaryo, S.Pd, M.Pd
NIP.19691208 200003 1 006





1 komentar:

  1. Casino Resort and Spa - Mapyro
    Welcome to Mapyro, your casino 보령 출장안마 and hotel information hub. We're your casino and resort guide for everything casino in New Mexico!What 경상북도 출장안마 kind of casino is available in 구미 출장마사지 New Mexico?Can I play at a casino 전주 출장안마 and get a $50 welcome 여주 출장안마 bonus?

    BalasHapus